Simpul Pemberdayaan Masyarakat untuk Ketangguhan Bencana Universitas Islam Indonesia ( SPMKB UII) merupakan unit baru dibawah Direktorat Simpul Tumbuh siap meningkatkan ketangguhan terhadap bencana melalui penelitian dan pelatihan-pelatihan terhadap Mahasiswa, Dosen, Tendik, bahkan masyarakat umum. SPMKB UII didirikan sebagai center of excellence dari pusat-pusat studi yang ada di setiap fakultas UII yang berkaitan dengan kebencanaan, melalui kolaborasi ini harapannya semua lapisan civitas akademika UII dan masyarakat dapat mengakses dan mendapat kesempatan untuk mempelajari strategi atau langkah-langkah yang perlu diambil ketika bencana terjadi serta berkontribusi dalam penelitian tentang kebencanaan.

SPMKB UII bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Erasmus Building Universities in Leading Disaster resilience (BUilD) menyelenggarakan WEBINAR Series, yang telah dimulai Webinar pertama pada 27 Mei 2021 yang juga bertepatan dengan 15 Tahun Gempa Jawa Tengah dan DIY sejak 26 Mei 2006. Webinar pertama berfokus dalam mengenang kejadian 15 tahun yang lalu, bagaimana peran UII dalam upaya menanggulangi bencana Gempa Bumi pada tahun tersebut dan merefleksikan kejadian tersebut untuk menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Kemudian disusul Webinar kedua pada 28 Juni 2021 dengan tema “Creating Earthquake Resilience Communities” yang mengulas upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam penanganan bencana alam khususnya gempa bumi mulai dari level pemerintah sampai pada level individu masyarakat. Dalam webinar ini, SPMKB UII mengundang 3 narasumber diantaranya adalah Mr. Michael Fuller, MBE., MBA., MA., dari University of Gloucestershire, Cheltenham, England, Dr. Ir. Arif Wismadi M.Sc., Direktur Simpul Tumbuh Universitas Islam Indonesia, dan Prof. Ir Sarwidi MSCE., Ph.D, Pengarah BNPB dan Profesor di UII.

 

Peserta yang hadir ada dari berbagai macam kalangan diantaranya adalah anggota konsorsium BUiLD (Building Universities in Leading Disaster Resilience), Direktorat Mitigasi Bencana BNPB,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Anggota FPTPRB (Forum Perguruan Tinggi dalam Pengurangan Risiko Bencana), Dosen dan staf Universitas Islam Indonesia, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia dan relawan.

Kedepannya, kegiatan-kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan yang akan sering dilakukan untuk mewujudkan ketahanan masyarakat terhadap bencana, khususnya bagi mahasiswa, staf (Dosen dan Tendik) juga masyarakat di sekitar UII, serta mengkoordinasikan dan mendokumentasikan penelitian bertema kebencanaan di UII. 

 

Webinar ini juga dishare di channel youtube kami yang dapat diakses di SPMKB UII  dan untuk materi webinar dapat diakses disini.