SPMKB/BUiLD

Simpul Pemberdayaan Masyarakat untuk Ketangguhan Bencana


Simpul Pemberdayaan Masyarakat untuk Ketangguhan Bencana, Universitas Islam Indonesia  (SPMKB – UII) hadir dengan tujuan meningkatkan dan menguatkan kolaborasi penelitian di bidang kebencanaan dengan melibatkan seluruh sivitas akademika UII dan masyarakat sekitar, bukan hanya pada level nasional, tapi juga internasional, agar hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat lebih luas. Lebih spesifik lagi, SPMKB diharapkan menjadi simpul penghubung dan pusat koordinasi bersama antar unit atau pusat studi kebencanaan di UII agar lebih masif kontribusi yang diberikan dan bisa mengoptimalkan langkah-langkah diseminasi. Lebih dari itu, harapannya SPMKB bisa menjadi Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI-PT) dengan sumbangan besar yang bisa berdampak pada peningkatan peringkat universitas dan rekognisi di dunia seperti dalam pemeringkatan World University Ranking. Proposal ini memiliki fokus pada penelitian bidang ketangguhan bencana yang diharapkan bisa meningkatkan inovasi dan peran serta dalam memecahkan permasalahan kebencanaan sehingga tercipta masyarakat Indonesia yang siap sedia menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja. Dengan pengalaman yang panjang dalam penelitian kebencanaan dan kolaborasi internasional, SPMKB akan mengembangkan kegiatan penelitian kebencanaan yang berpusat pada peningkatan partisipasi penelitian, pengembangan kapasitas penelitian, peningkatan kerjasama penelitian, dan optimalisasi diseminasi hasil penelitian. Pada proposal ini, secara garis besar kegiatan berkisar dalam tiga ranah; academic excellence, komersialisasi dan pemanfaatan riset, dan capacity building.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi simpul pemberdayaan masyarakat untuk mencapai ketangguhan bencana yang berakar kuat (values), menjulang tinggi (innovation), berbuah lebat (benefits) dan diakui secara nasional maupun internasional (recognition).

Misi

  • Menjadi center of excellence (simpul) bagi kegiatan-kegiatan bertema kebencanaan di Universitas Islam Indonesia.
  • Menjadi pusat IPTEKS yang berbasis pada keunggulan UII sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan serta sumber daya manusia.
  • Menguatkan kolaborasi penelitian dan diseminasi antar pusat studi kebencanaan untuk menjulang kebermanfaatan yang lebih luas kepada masyarakat.
  • Mencapai rekognisi ilmiah kelas dunia di bidang kebencanaan, serta menghasilkan produk baik ilmu pengetahuan, teknologi, maupun produk inovasi yang berbasis demand.

Struktur Organisasi

Progress

Roadmap