TRIZ, LSP

TRIZ merupakan suatu konsep creative problem solving ini diperkenalkan oleh Genrich Saulovich Altshuller pada tahun 1946. Triz berasal dari bahasa Rusia, yaitu Teorija Resenija Isobretatelskih Zadac. Konsep Triz dalam penyelesaian masalah berdasarkan logika dan data sehingga mampu mempercepat penyelesaian permasalahan secara kreatif dan inovatif.

Webinar ini cukup mendapatkan antusiasme peserta, lebih dari 100 peserta terdata pada webinar ini. Pada kesempatan webinar kali ini menghadirkan pembicara dari disiplin ilmu yang berbeda, namun mampu menggunakan TRIZ untuk berbagai kepentingan inovasi. Dr. Eng. Risdiyono, ST., M.Eng merupakan founder InTriz (Triz Indonesia) Certified MATRIZ Level 3 dan Dr. Ir. Arif Wismadi, M.Sc, Direktur Simpul Tumbuh, Certified My TRIZ level 3.

Triz banyak digunakan dalam perusahaan besar untuk menyelesaikan permasalahan mereka, digunakan baik secara individu maupun secara tim. TRIZ digunakan untuk membuat suatu inovasi dalam perusahaan, ungkap Dr. Eng. Risdiyono, ST. M.Eng. Dasar inovasi menggunakan Triz disampaikan dengan detail oleh Bpk Risdiyono.

Di sisi lain Dr. Arif Wismadi banyak menggunakan tools ini dalam pengembangan desain arsitektur, beliau banyak mengimplemetasikan TRIZ dalam pengembangan desain hunian dengan metode TRIZ.

Dengan TRIZ yang sistematis dengan logika dan data banyak membantu saya dalam mengembangan ide-ide dalam bidang arsitektur, beberapa publikasi yang pernah saya publish menggunakan Triz bisa diselesaikan hanya butuh waktu 3 hari. Ini memberikan bukti bahwa Triz bisa digunakan dalam berbagai disipilin ilmu, bahkan dalam bidang manajemen.

Dengan webinar ini semoga bisa memberikan ilmu dan memberikan manfaat meski dalam masa pandemi seperti ini.

lebih lengkap bisa di lihat dalam tautan berikut Problem Solving Using TRIZ

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *