Semua Artikel
Hubungi Kami
Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh
Gedung Growth Hub (Bookstore) Lt.3
Kampus Terpadu UII
Boulevard UII, Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman - DIY : 55584
Telp: +62 274 898444 Ext 1064
Email: simpultumbuh[at]uii.ac.id
Informasi Penting
Terbaru
- ANGEL INNOVATION HACKATHON 2024, The Inaugural Event of the PEIAB ANGEL UII Flagship ProgramDesember 6, 2024 - 6:23 am
- ANGEL INNOVATION HACKATHON 2024, Gelaran Perdana Program Unggulan PEIAB ANGEL UIIDesember 6, 2024 - 3:35 am
- IBISMA UII Dalam Mendorong Akselerasi Bisnis Startup Mitra, Workshop dan FGD Sebagai Upaya Kolaboratif Bersama FEB UNSDesember 5, 2024 - 2:37 am
- Kembangkan Potensi UMKM, Program Inkubator Bisnis UKM Naik Kelas Tahap 2 DigelarJuni 25, 2024 - 2:25 am
- Melalui PINOTI, POPTIKJI Perkuat Pondasi Industri Kecil dan Menengah (IKM)Mei 21, 2024 - 8:10 am
EVALUASI SEKOLAH SIAGA BENCANA (STUDI KASUS: SMKN BERBAH KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA)
Sarwidi, Dwi Wantoro, Drajat Suharjo
Berbagai macam ancaman bencana, baik alam, non-alam, maupun sosial dapat dijumpai di wilayah Indonesia. Upaya penanggulangan bencana (PB) dimaksudkan untuk menghidari bencana atau meminimalisir dampaknya. Ditinjau dari sisi konsep pengurangan risiko bencana (PRB), ancaman bencana tersebut dapat mengakibatkan bencana yang besar di wilayah permukiman manakala tingkat kerentanannya tinggi dan/atau kapasitasnya rendah.
Sebuah wilayah akan kondusif untuk pengembangan masyarakat yang madani serta lingkungan yang aman dan lestari, apabila risiko bencananya ditekan hingga serendah mungkin. Salah satu upaya dalam PRB adalah meningkatkan kapasitas komunitas sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut, konsep Sekolah Siaga Bencana (SSB) telah mulai disosialisasikan di Indonesia sebagai upaya membangun kesiapsiagaan sekolah dalam mengantisipasi bencana.
Sekolah Menengah Kejuruan Nasional (SMKN) Berbah, Sleman, Yogyakarta adalah salah satu sekolah yang cukup menonjol dalam kesiapannya sebagai SSB yang lebih baik. SMKN sebagai SSB telah dievaluasi dengan menggunakan lima parameter, yaitu: pengetahuan dan sikap tentang risiko bencana, kebijakan dan panduan, rencana tanggap darurat, mobilisasi sumber daya, dan evaluasi bangunan sederhana (tipikal tembokan).
Makalah ini menguraikan singkat tentang evaluasi SSB untuk SMKN Berbah tersebut. Evaluasi mencakup kesiapsiagaan terhadap bencana gempabumi dan tsunami. Makalah ini dibatasi pada kesiapsiagaan dari unsur guru saja. Cakupan evaluasi kesiapsiagaan komunitas sekolah dari unsur sekolah sebagai institusi dan unsur siswa serta evaluasi bangunan fisik sekolah akan daibahas dalam makalah-makalah terpisah nantinya.
Sumber:
https://drive.google.com/file/d/1eo607VC6qnNbn3lZ6kC4yorax9ycvii8/view?usp=sharing
HUNIAN ADAPTIF DI KAWASAN MERAPI
Sarwidi
Hampir sepanjang waktunya, Gunung Merapi, yang terletak di perbatasan antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah, telah memberikan banyak manfaat pada alam sekitarnya, termasuk bagi para pemukim di lerengnya. Namun demikian, pada saat-saat tertentu Gunung Merapi bererupsi dan berpotensi memberikan ancaman dan bahkan beberapa kali sudah menimbulkan bencana. Ancaman Gunung Merapi pada pemukim di lerengnya dapat berupa ancaman primer, ancaman sekunder, dan ancaman tersier. Hunian yang layak bagi para pemukim di Lereng Gunung Merapi harus diadaptasikan dengan ancaman-ancaman tersebut agar risiko bencana dapat ditekan serandah mungkin dan pemukim dapat merasa lebih aman untuk betempat tinggal. Makalah ini merupakan gagasan penulis tentang hunian di lereng Gunung Merapi yang adaptif dengan ancaman bencana yang ada dan kemungkinan ada. Makalah ini juga disertai dengan paparan singkat mengenai latar belakang kelahiran konsep tersebut dan pengalaman penulis dalam mengaplikasikan gagasan tersebut dengan membangun Ruang Lindung Darurat Merapi (RULINDA Merapi).
Sumber:
https://drive.google.com/file/d/1R81hZCsmof6fKrNkCOrC162SSFJZ-uci/view?usp=sharing
PENANGGULANGAN BENCANA GUNUNG MERAPI BERDASARKAN SISTEM NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA
Sarwidi
Hampir sepanjang waktunya, Gunung Merapi memberikan manfaat yang luar biasa bagi sekitarnya. Lereng Gunung Merapi terkenal dengan kesuburan tanahnya karena guyuran abu Gunung Merapi. Selain padi, tanaman salak, dan pisang serta berbagai tanaman tmbuh sangat subur di sebagian besar lereng Gunung Merapi. Karena kesuburan tanahnya, bidang peternakan juga menjadi berkembang, diantaranya adalah peternakan sapi perah yang dikelola oleh beberapa koperasi di Boyolali dan kaliurang Sleman. Pasir dan batuan hasil erupsi Gunung Merapi juga sangat terkenal karena bermutu tinggi untuk bahan konstruksi. Selain itu di lereng Gunung Merapi juga terdapat beberapa tempat untuk tempat peristirahatan dan rekreasi yang cukup terkenal, diantaranya adalah wilayah Kaliurang Yogyakarta dan sekitarnya.
Namun demikian, pada sisi yang lain, pada waktu-waktu tertentu Gunung Merapi memberikan ancaman bencana di wilayah sekitarnya, Ancaman primer Gunung Merapi berupa awan panas yang keluar dari kawanya dan dapat menjangkau wilayah pemukiman di lerengnya. Ancaman sekundernya adalah abu vulkanis serta lahar hujan yang dapat menimbulkan gangguan dan banjir lahar dingin yang dapat menyapu wilayah di sekitar sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi.
Untuk mempertahankan dampak positif Gunung Merapi dan menekan dampak negatif Gunung Merapi, maka penanggulangan bencana dengan pendekatan pengurangan risiko bencana harus dilakukan secara sistematis agar tercapai hasil yang maksimum. Makalah ini memaparkan secara singkat tentang penanggulangan bencana Gunung Merapi yang sesuai dengan Sistem Nasional Penangulangan Bencana sebagaimana yang tertuang dalam UU RI No 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana di Indonesia. Pemaparan ini bukan merupakan program formal institusi baik BNPB maupun UII, tetapi lebih bersifat opini individual penulis selaku Pengarah BNPB serta sebagai akademisi UII dan warga lereng Gunung Merapi. Dengan harapan, makalah ini dapat digunakan sebagai bahan masukan semua fihak yang terkait dengan penanggulangan bencana (PB) ataupun pengurangan risiko bencana (PRB) Gunung Merapi.
Artikel lengkap dapat diakses pada tautan berikut:
https://drive.google.com/file/d/1PotwY9bwAWcd5CPN1_adnJutNqemjt6V/view?usp=sharing
Resiliensi terhadap Bencana
Dr. phil. Qurotul Uyun, M. Si. Psikolog
Bencana alam banyak terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, puting beliung, gelombang pasang, dan kebakaran hutan. BNPB melaporkan bahwa ada 263 bencana yang terjadi selama tahun 2021. Sebaran kejadian bencana alam selama bulan Januari 2021, meliputi hampir seluruh pulau. Sumber tersebut menyatakan juga bahwa dampak bencana dalam periode waktu itu adalah 191 orang meninggal dunia, 1 548 173 orang mengungsi, 12 042 orang mengalami luka-luka, dan 9 orang hilang. Dampak bencana tersebut menimbulkan kerusakan rumah sebanyak 36534 rumah, dengan ragam kerusakan dari ringan, sedan, sampai berat.
Bencana dapat berdampak kepada berbagai aspek kehidupan. Sejalan dengan kerugian sosial dan ekonomi, individu dan komunitas mengalami ketidakstabilan mental yang dapat memicu Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), kecemasan dan depresi pada populasi yang terkena bencana (Makwana, 2019). Pada umumnya bencana diukur dengan biaya kerusakan sosial dan ekonomi, tetapi tidak ada bandingannya dengan penderitaan emosional yang dialami seseorang pascabencana. Secara psikologis hampir semua orang akan mengalami stres setelah kejadian bencana hebat seperti gempa bumi. Keadaan stres pascabencana merupakan sesuatu yang normal, jika tidak menjadi depresi berkepanjangan. Sebagian di antara korban akan pulih kembali dalam beberapa minggu, beberapa bulan, tetapi ada yang beberapa tahun. Setelah 4 (empat) bulan terjadinya bencana dapat dketahui seberapa besar pengaruh bencana tersebut dalam diri individu. Beberapa di antara penyintas yang kehilangan keluarganya pada saat tsunami mesih mengalami kedukaan selama lebi dari 4 bulan. Meskipun penyintas tersebut tidak sampai kehilangan kesadaran diri, akan tetapi masih memiliki rasa bersalah karena tidak mampu menolong keluarganya. Perasaan bersalah tersebut merupakan salah satu gejala posttraumatic stress disorder (PTSD).
Menurut skala Rahe dan Holmes, peristiwa kehilangan orang yang dicintai merupakan bentuk tekanan hidup yang terbesar (Nevid dkk, 1997), sehingga sebagian besar orang mengalami stres berat saat kehilangan orang yang dicintainya, apa lagi secara tidak terduga seperti bencana alam. Namun demikian ada faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan individu untuk bangkit lagi setelah mengalami tekanan hidup yang hebat. Jika ada sebagian orang mampu bangkit lagi, dan sebagian lain tidak mampu, maka ada faktor penting yang mempengaruhinya. Menurut model yang dikemukakan Keane & Barlow, terjadinya posttraumatic stress disorder dijembatani oleh dukungan sosial dan kemampuan untuk mengatasi masalah (coping) (Barlow & Durand, 2002). Kemampuan untuk mengatasi masalah merupakan bagian dari faktor resiliensi .
Sumber:
https://drive.google.com/file/d/10EYc51YeR5sj2HuT3iZcDOEa92bhYqP6/view?usp=sharing
Belajar dari Bencana: FPSB UII mendampingi masyarakat, menumbuhkan Resiliensi
Emi Zulaifah
Sudah hampir dua dasawarsa berlalu, namun Tsunami tahun 2004 yang menghempas bumi Aceh, Nias serta beberapa negara yang pantai-pantainya bersentuhan dengan Samudera Hindia masih dapat diingat dengan jelas. Musibah sangat dahsyat yang memakan korban serta meninggalkan penyintas dalam jumlah yang luar biasa besar meninggalkan sebuah pelajaran sangat berharga: Human Vulnerability, kerentanan manusia. Rentan dan tak berdaya ketika berhadapan dengan kekuatan alam yang luar biasa.
Dalam wilayah yang penulis amati yaitu Pendidikan ilmu Psikologi, setidaknya ada beberap pihak yang mungkin melihat bencana dengan sudut pandang yang berbeda-beda: Bagi generasi yang tumbuh dan besar dengan tidak mengalami peperangan, bencana kelaparan atau bencana alam besar, hadirnya bencana membuat mereka belajar, musibah yang lebih tak terduga bisa datang dari alam yang mereka tinggali. Bagi akademisi dan praktisi Psikologi, dengan generasi aktif dari hasil pendidikan tahun 80-90an, hingga awal 2000 an, yang selama ini memiliki kepedulian lebih banyak pada bagaimana membangun jiwa yang mandiri, beraspirasi mengembangakn diri, serta banyak ide terkait membentuk diri sendiri untuk sebuah masa depan, kini harus berpikir tentang bagaimana kemudian memastikan kesejahteraan mental masyarakat dalam melalui peritiwa bencana. Maka muncul kemudian inisiatif tentang penanganan Psikologis paska bencana. Bagi Program Studi Psikologi di UII, peristiwa Aceh menjadi jalan untuk ilmu ini membangun pemahaman tentang kerawanan, ketidakberdayaan manusia dihadapkan pada kekuatan alam serta melacak faktor-faktor yang akan memperkuat seseorang dalam melaluinya. Selanjutnya pemahaman baru ini terakomodasi dalam pembelajaran tentang Psikologi Kebencanaan.
Sebagai sebuah jurusan dengan usia yang sangat muda saat itu (9 tahun), dan dalam situasi alam yang saat itu cendrerung tenang, namun mengalami dinamika sosial-politik perubahan pemerintahan di Indonesia, warga Fakultas Psikologi masih harus belajar bagaimana mengembangkan respon yang tepat bagi masyarakat terdampak. Sebelum Tsunami, kesadaran akan bencana lebih terkait dengan dampak dari krisis ekonomi, tentang kehilangan pekerjaan, kemiskinan, support sosial. Sebuah krisis yang kurang menimbulkan dampak “physical devastation” serta korban manusia dalam jumlah besar sehingga less traumatic bagi kami yang mengalaminya. Fokus saat itu adalah bagaimana menerima kenyataan bahwa keadaan ekonomi sedang sangat turun, biaya hidup melonjak, dan keluarga-keluarga melakukan penyesuaian finansial dan upaya untuk terus mendapatkan income demi mencukupi kebutuhan hidup, terutama karena tingginya angka pemutusan hubungan kerja. Tsunami menjadi titik balik perspektif kami tentang manusia. Dia bukan mahluk yang hidup dalam dirinya sendiri, namun keadaan lingkungan besar di luar dirinya akan berdampak terhadapnya. Di tahun 2004, FPSB melakukan komunikasi dengan organisasi Muhammadiyah yang membutuhkan relawan untuk bisa diutrunkan ke Aceh di beberapa daerah yang terdampak besar. Kami menurunkan tiga mahasiswa, salah satunya ditempatkan di Meulaboh. Selain itu sebagian dosen dan mahasiswa UII juga terlibat dalam program tanggap bencana yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada.
Sumber:
https://drive.google.com/file/d/1gUAbVi3VTFQDg6TJVk71sVQnLWAa8zIz/view?usp=sharing