,

Pelatihan UMKM: Optimalisasi Konten Media Sosial

Pelatihan dengan tema “Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas” yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY) sudah memasuki hari kedua pada Rabu (9/6). Pemateri membahas mengenai optimalisasi konten media sosial untuk branding dan penjualan. Materi tersebut disampaikan oleh Rininta Hanum, Alya Mirza, Okza Achmad Styawan, dan Ahmad Syihabuddin pada ruangan yang berbeda.

Pemateri: Ahmad Syihabuddin

Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Manfaat media sosial untuk bisnis juga dijelaskan oleh pemateri. Pertama, media sosial untuk memperoleh data penting pelanggan. Kedua, meningkatkan loyalitas dan brand awareness. Kemudian, dapat menjalankan iklan dengan hasil real time dan menciptakan pengalaman pelanggan yang kaya. Selanjutnya, media sosial juga dapat meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian. Lalu, dengan media sosial kita dapat mengetahui apa yang kompetitor lakukan. Media sosial juga dapat digunakan untuk berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah serta digunakan untuk membina relasi.

Berapa jumlah dan karakteristik pengguna sosial media?

Beragam media sosial yang ada di Indonesia memiliki jumlah pengguna  dan karakteristik yang beragam pula. Twitter memiliki 14 juta jumlah pengguna dengan fokus konten narasi opini. Karakteristik penggunanya adalah masyarakat komunitas tertentu yang suka beropini atas isu-isu tertentu. Disusul oleh LinkedIn dengan 17 juta jumlah pengguna yang berfokus pada narasi fakta atau ulasan. Penggunanya memiliki karakteristik dari masyarakat kalangan profesional yang ingin menemukan dan ditemukan oleh jejaring seprofesi atau korporasi tertentu.

Diatas itu ada Instagram yang berfokus pada foto dan video pendek dengan jumlah pengguna sebanyak 85 juta. Karakteristik pengguna Instagram biasanya adalah orang-orang yang suka pamer dan melihat foto-foto bagus. Kemudian, Youtube memiliki 107 juta jumlah pengguna dan merupakan yang terbanyak kedua dengan fokus konten adalah video. Urutan teratas dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Facebook sebanyak 140 juta. Facebook berfokus dengan konten foto dan narasi yang memiliki karakteristik pengguna dari masyarakat umum berbagai kalangan serta anggota komunitas yang tergabung ke grup tertentu yang ada di Facebook.

Alasan orang menggunakan sosial media dan mengikuti merk dagang

Pemateri juga memaparkan data dari beberapa sumber terkait alasan orang menggunakan sosial media. Di mana 36,5 persen orang menggunakan sosial media untuk update berita terkini dan 35 persen orang beralasan untuk mencari konten hiburan. Konsumen juga memiliki alasan untuk mengikuti sosial media merk dagang. Salah satunya adalah 57 persen konsumen mengikuti sosial media merk dagang karena memang memahami produk atau layanan barunya dan 47 persen orang beralasan untuk mendapatkan info terbaru dari perusahaan.

Bagaimana cara membuat info profil usaha?

Kemudian, pemateri menyampaikan mengenai cara membuat info profil usaha. Ada empat cara, yaitu foto profil yang bagus dan indah, memuat nama lengkap usaha, deskripsi singkat usaha, dan info lengkap usaha. Beberapa tips yang juga disampaikan oleh pemateri, yaitu tips membuat profil instagram, mengoptimalkan linktree, membuat profil halaman facebook, serta koneksikan antara instagram dan facebook untuk menjadi akun bisnis.

Profil instagram sebaiknya dibuat semenarik dan selengkap mungkin. Misalnya dengan memberikan nama akun instagram yang jelas, memberi foto profil atau logo usaha, menambahkan kategori usaha, dan menjelaskan deskripsi usaha. Bisa juga menambahkan tautan untuk menuju WhatsApp, marketplace, dan semacamnya, serta menambahkan alamat usaha yang bisa diakses oleh Google Maps. Tautan juga bisa mengarah ke linktree yang mencakup kontak usaha, website, marketplace, atau rekomendasi lainnya. Selain itu, facebook memiliki kelebihan, yaitu dapat menjangkau target pasar lokal di kota bahkan kecamatan, dapat menawarkan ke grup-grup jual beli yang diikuti, dan facebook memiliki respon yang cepat kepada calon pembeli melalui inbox. Pemateri menyarankan untuk melengkapi seluruh informasi usaha pada facebook page dengan memberikan profil, kategori usaha, alamat, website, kontak, hingga jam operasional. Kedua sosial media ini dapat dihubungkan untuk menjadikannya akun bisnis.

Pemateri: Okza Achmad Styawan

Apa tujuan dari konten?

Tujuan dari konten juga dijelaskan oleh pemateri. Terdapat tiga tujuan, yaitu untuk membangun brand awareness, membangun brand image, dan meningkatkan penjualan. Membangun brand awareness dilakukan unttuk mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen, contohnya memberi tahu proses produksi atau cara penggunaan produk. Selanjutnya, membangun brand image dilakukan untuk membangun persepsi tentang citra produk atau usaha di benak konsumen, contohnya produk yang ramah lingkungan atau produk yang punya kepedulian sosial. Meningkatkan penjualan dengan memberikan informasi tentang karakteristik produk atau jasa dan harganya, contohnya foto produk dengan harga atau memberitahu nilai keunggulan produk.

Apa itu prinsip AIDA?

Prinsip AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action) juga dikenalkan oleh pemateri dalam pembuatan konten. Prinsip ini dapat menarik perhatian orang untuk melihat konten dan membuat orang tertarik untuk membaca konten atau mengetahui lebih jauh. Hal tersebut dilakukan dengan dukungan elemen gambar, warna, tipografi, serta copywriting. Adanya konten dapat mengajak orang yang awalnya hanya tertarik menjadi ingin mencoba dengan dorongan copywriting. Konten juga dapat memberikan informasi terkait apa yang harus dilakukan bila sudah memutuskan suatu tindakan dengan adanya elemen tautan pesan, kontak, atau info lainnya yang dibutuhkan.

Tips penyusunan konten

Selain tips diatas, pemateri juga memberikan tips dalam penyusunan konten. Tipsnya adalah memposting dengan rutin, memberikan giveaway, berkolaborasi dengan influencer, serta membuat iklan. Posting rutin dapat terlaksana dengan menyusun perencanaan jadwal posting dan membuat beragam konten berdasarkan tujuan. Giveaway dilakukan dengan menentukan tujuan, menyiapkan hadiah menarik, memberi persyaratan, serta menyeleksi dan mengumumkan pemenang. Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk pemberian diskon dengan syarat ketentuan yang sudah ditentukan sesuai tujuan. Influencer juga dapat membantu meningkatkan penjualan dengan memilih influencer yang persona dan biayanya sesuai dengan kemampuan serta dapat membuat konten yang menarik dan unik. Berlangganan instagram ads, google ads, atau facebook ads untuk mengiklankan produk atau layanan.

Untuk memaksimalkan konten yang sudah direncanakan dapat memanfaatkan fitur insight pada instagram, mengoptimalisasikan tagar, menggunakan aplikasi editing yang memadai, serta pentingnya waspada terhadap hoax. Pada akhir sesi, pemateri memberikan latihan digital marketing dan konten digital kepada peserta pelatihan.