Triz workshop and certificationTRIZ Workshop and Certification

LSP Simpul Tumbuh UII bekerjasama dengan InTRIZ (Indonesia TRIZ Practioners Association), menyelenggarakan Workshop & Certification Triz yang diselenggarakan Pada Tanggal, 28 – 31 Juli 2021 dengan Instruktur Dr. Eng. Risdiyono, S.T., M.Eng (Certified MATRIZ Level 3) yang berpengalaman dibidangnya dan merupakan President of Indonesia Triz Practioners Association.

Manfaat Setelah  mengikuti workshop ini peserta diharapkan mampu :

  1. Melakukan inovasi secara sistematik dalam problem solving, baik untuk pengurangan  cost, peningkatan mutu, peningkatan kinerja, pengembangan produk dan layanan,  peningakatan kualitas disegala jenis pekerjaan.
  2. Mampu mengidentifikasi sampai memecahkan masalah secara kreatif dengan menggunakan konsep dari metode TRIZ.
  3. Mampu menerapkan konsep TRIZ dalam perusahaan atau organisasinya.

 

TRIZ adalah akronim Rusia yang dalam bahasa Inggris diekspresikan sebagai ‘Theory for Inventive Problem Solving’, merupakan sebuah metodelogi inovasi, kreativitas dan pemecahan masalah berbasis patent yang sangat popular di negara maju, namun belum begitu dikenal di Inodonesia. TRIZ dibuat oleh Genrich Saulovich Altshuller pada tahun 1946, dengan tujuan untuk menangkap proses kreatif dalam bidang teknologi, mengkodifikasi dan membuatnya dapat diulang dan dapat diterapkan kembali. TRIZ memungkinkan analisis, penataan model dan solusi masalah dengan pendekatan sistematis berdasarkan serangkaian tahapan dan alat operasi. Hingga saat ini, metode TRIZ telah terbukti paling efisien untuk memecahkan masalah inventif dan dapat dipelajari serta digunakan tanpa memerlukan kreativitas individu bawaan.

 

Metode TRIZ dapat diterapkan dalam berbagai bidang industri, instansi pemerintah, lingkungan akademi, dan lainnya. Sebuah produk, jasa, dan pelayanan perlu melakukan inovasi dan perubahan agar tetap dapat bersaing di pasar, selain itu adanya inovasi dan pengembangan produk, jasa, dan pelayanan tersebut juga dapat mempertahankan perusahaan, TRIZ menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan.

 

Metodologi TRIZ telah banyak dipakai oleh perusahan besar dalam mengembangkan produknya, diantaranya seperti perusahaan Siemens, Samsung, Whirlpool, LG, Christian Dior, Intel, Boeing, Motorola, Procter & Gamble, Delphi Automotive, Hewlett Packard, General Electric, IBM dan Xerox. Keunggulan dari TRIZ dapat membuat berpikir secara out of the box dalam berinovasi. Hasil dari menerapkan metode TRIZ adalah terciptanya penyelesaian masalah yang inovatif dan kreatif. Adanya Workshop & Certification TRIZ mendorong para inovator dari berbagai kalangan dan bidang keahlian untuk menciptakan sebuah produk invensi yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam bidang tersebut.