Peresmian pelatihan umkm diskop

Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII menjalin partnership dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) DIY untuk mewujudkan UKM naik kelas yang terbungkus pada agenda yang bertajuk Pelatihan Bisnis.

Direktur Simpul Tumbuh UII, Arif Wismadi dalam sambutanya menyampaikan apabila UII dalam beberapa tahun ini fokus dalam konsep Enterpreneur University. Hal ini melengkapi visi UII sebelumnya sebagai Research University. Senada dengan gerakan Dinkop-UKM DIY, UII juga berupaya menaikkan kelas universitas dengan perbanyak pengusaha, khususnya bagi mahasiswa.

Semangat ini perlu diimplementasikan melalui konsep, narasi, dan tindakan yang baik. “Bisnis yang dibangun harus benar-benar mengakar pada permasalahan umat. Selain berorientasikan untuk selesaikan masalah umat, bisnis di Jogja juga perlu memperhatikan sosial budaya masyarakatnya. Hal ini agar produk barang atau jasa bisa diterima dan berkembang di masyarakat. Contoh baik bisa dilihat pada UKM di Jogja. Meski berpengaruh pada pola dan pendapatan, pelaku UKM ternyata bisa melihat peluang dan bertahan di masa pandemi.

Dengan kerja sama ini, UII semoga mampu memberikan kotribusi nyata pada pengembangan UKM di DIY agar naik kelas melalui program dan kurikulum yang telah didesain oleh tim IBISMA dan Dinkop DIY. Kedepan melalui program-program yang serupa UII melalui IBISMA akan memberikan kotribusi untuk meng inkbubasi bisnis-bisnis secara luas. Baik melui Kerjasama sinergitas dengan Dinkop DIY maupun yang lain.

Kepala Dinkop-UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A, pada sambutanya menyampaikan Dinkop & UKM DIY berupaya mendesain program untuk memberikan fasilitasi kepada UKM di DIY agar naik kelas. ini merupakan salah satu komintmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas, kapabilitas, omzet, daya saing, dan daya tahan UKM di DIY.

Seiring dengan itu, beliau melihat UII melalui Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan (DPPK – Simpul Tumbuh) memiiki visi yang sama dalam pengembangan konsep bisnis. Sehingga beliau menggandeng DPPK melalui IBISMA memberikan kepercayaan dalam berkolaborasi dalam mendesain dan melaksanakan iknubasi bisnis UKM di DIY

Agenda bertajuk Pelatihan Bisnis dengan tema UKM Naik Kelas ini terbagi menjadi 2 tahap, dengan masing-masing tahap merekrut 50 UKM di seluruh wilayah DIY. Tahap 1 telah dilaksanakan pada tanggal 7-10 Juni 2021 dan tahap kedua akan dilaksanakan pada 14-18 Juni 2021.

100 UKM yang terpilih akan diberikan berbagai pelatihan selama 4 hari. Seluruh peserta, akan mendapatkan materi dan pendampingan dari mentor dalam hal busines check up, business model canvas, branding, pembuatan profil usaha, optimalisasi digital marketing, pengelolaan finansial dan tip-tip usaha

Dari 100 UKM akan disaring menjadi 20 terbaik yang akan mendapatkan failitas pendampingan lebih lanjut dan mendapatkan peluang berbagai hibah untuk scale up UKM dari IBISMA UII.

Selain untuk meningkatkan kelas, inkubator bisnis juga bisa menjadi ajang kolaborasi antarpelaku usaha. Melalui kolaborasi, maka kekuatan kecil yang tersebar ini bisa menjadi satu kekuatan besar yang saling menguatkan. Keunikan usaha dan pasar masing-masing bisa saling mengisi satu sama lain.