Berita Terbaru

, , ,

IBISMA UII Dalam Mendorong Akselerasi Bisnis Startup Mitra, Workshop dan FGD Sebagai Upaya Kolaboratif Bersama FEB UNS

Masalah ekonomi menjadi isu serius yang sedang dihadapi oleh Indonesia. Tantangan masa depan yang semakin dinamis menjadikan segala hal sangat sulit diprediksi. Perguruan tinggi merupakan salah satu elemen penting yang berkontribusi…
, , ,

Kembangkan Potensi UMKM, Program Inkubator Bisnis UKM Naik Kelas Tahap 2 Digelar

Program UMKM Naik Kelas ini merupakan salah satu langkah nyata untuk meningkatkan kualitas koperasi dan UMKM di Yogyakarta. Program ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop) Daerah Istimewa Yogyakarta…
, , ,

Melalui PINOTI, POPTIKJI Perkuat Pondasi Industri Kecil dan Menengah (IKM)

  Program Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (PINOTI) kembali diadakan pada Senin-Rabu (13-16/5) di Hilton Garden Inn Bali. Program yang diselenggarakan oleh  Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan…

Semua Berita

GROWTH TALK #2 : Big Data for Startup

Buat kamu para founder Startup, jangan lewatkan kesempatan untuk mengakselerasi startup kalian melalui Big Data dengan mengikuti GROWTH TALK : Big Data for Startup yang akan membahas topik Data Science, Data Analytics & Artificial Intelligence yang akan diselenggarakan pada: Hari. : Selasa, 14 Mei 2019 Jam. : 09.00-15.00 WIB Tempat : The Growth Hub Building Lt.3 Dengan menghadirkan para pembicara dari praktisi startup yang sangat kompeten di bidangnya yaitu: Tuti Purwaningsih, S.Stat., M.Si. (Co-Founder, Data Science Indonesia) Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc., Ph.D (Director, Centre of Data Science – Informatics UII) Limited Seat Only!!! Untuk Registrasi: Didin (+62 858-4879-6449)

Wokshop I: Business Plan dan Business Model Canvas

Kegiatan workshop I dilaksanakan pada tanggal 02-04 Mei 2019 di Hotel Gumaya Semarang. Workshop diawali dengan pemaparan materi Business Plan dan Business Model Canvas oleh pemateri, selanjutnya peserta diminta untuk menyusun Business Plan dan membuat Business Model Canvas yang akan dipresentasikan di hari kedua di kelas paralel. Draft materi Business Plan dan Business Model Canvas (BMC) selanjutnya akan disempurnakan pada kegiatan Pendampingan I di Balai Besar Kulit, Karet, Plastik

Kick Off Meeting dan Pelatihan Konsep Inkubator Bisnis Teknologi

  Pelaksanaan kegiatan kick off meeting dan pelatiham konsep inkubator bisnis teknologi dilaksanakan pada tanggal 11-14 April 2019 di Hotel JW Mariott Surabaya. Adapun agenda kick off meeting dan penandatanganan kerja sama dari lembaga induk UII diwakili oleh Bapak Dr. Ir. Arif Wismadi, M.Sc selaku Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/simpul tumbuh. Selanjutnya kegiatan pelatihan konsep inkubator bisnis teknologi Peserta pelatihan ini diikuti oleh 25 inkubator bisnis teknologi, dari IBISMA UII dihadiri oleh Kepala Inkubator (Amarria Dila Sari, ST., M.Sc), Manajer Inkubator (Ahmad Syihabuddin Zankie, ST) serta Pengelola program inkubasi (Rininta Hanum, ST., M.Eng).  Adapun materi pelatihan yang disampaikan oleh narasumber antara lain: Pengertian dasar inkubator bisnis, Model dan faktor keberhasilan inkubator, Perencanaan inkubator, Manajemen pemasaran dan pemangku kepentingan inkubator, Pendanaan inkubator, Pengelolaan inkubator, Monitoring dan evaluasi, Perjanjian dan pendanaan tenant, Komersialisasi teknologi melalui inkubasi, serta Inkubator agribisnis. Dalam pelatihan juga terdapat kegiatan diskusi sehingga para peserta dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai KPI inkubator bisnis. Pada pelatihan kali ini juga terdapat sesi pre-test dan post-test.

10 Startup Pemenang UBIC 5.0

Assalamuaikum Wr Wb Selamat kepada 10 Startup Pemenang UBIC 5.0, Diinformasi kepada  tim kepada ke-10 startup tersebut untuk mengikuti tahapan akhir UBIC 5.0 ini yaitu: Workshop RAB & Business Plan Penandatanganan Kontrak Inkubasi IBISMA 5.0 Acara tersebut diselenggarakan di : Tempat : The Growth Hub Building (Lt.3) Tanggal : 22 April 2019 Pukul : 09.00 WIB s.d 17.00 WIB NB : Agenda ini wajib di ikuti oleh Founder/CEO dan Tim Business Development  Startup.

Bisnis di Era Digital Wajib Kuasai Website

Inkubator Bisnis Mahasiswa (Ibisma) Universitas Islam Indonesia (UII) baru-baru ini mengadakan workshop membuat website bagi bisnis dan UMKM. Kegiatan yang diadakan di the Growth Hub Building (Bookstore lantai 3) pada Senin (25/3) itu diikuti kalangan dosen, mahasiswa maupun staf UII. Peserta sudah harus siap dengan website bisnis mereka masing-masing di akhir pelatihan Dalam paparannya, Akbar Faisal selaku pemateri workshop menyampaikan bahwa website merupakan hal penting dalam membangun suatu bisnis karena mampu memberikan kesan pertama pada pelanggan. “Tingkat kepercayaan pelanggan akan cenderung lebih tinggi kepada bisnis yang mempunyai website.” Tambahnya. Selanjutnya, website juga merupakan etalase berjalan karena fitur-fitur di dalamnya jauh lebih lengkap dibanding sosial media misalnya. Dan yang tak kalah penting adalah tanpa sebuah website, bisnis akan tertinggal oleh kompetitor. Faisal juga menambahkan tentang cara membuat website yang baik. “Misalnya kita punya bisnis tempat makan atau hotel, maka kita akan fokus pada layanan serta lokasi” tambahnya. Selain itu, indikator website yang baik lainnya adalah Intuitif atau mudah diakses di semua perangkat digital, Handphone misalnya, teratur baik letak maupun konten, memberika manfaat, berfungsi, serta mudah ditelusuri. Faisal juga menyampaikan Elemen Situs yang efektif. Beberapa elemen tersebut yaitu nama domain yang baik. Nama domain yang baik adalah nama yang belum pernah dipakai oleh perusahaan lain. “Cara untuk mengetahuinya adalah kita bisa menggunakan Whois.com. Melalui situs tersebut, kita dapat mengetahui apakah nama domain kita sudah digunakan apa belum. Kalau sudah kita juga dapat mengetahui perusahaan mana saja yang telah menggunakannya.” Jelasnya. Elemen selanjutnya adalah tujuan situs yang jelas, desain yang menarik, meliputi layout, font, warna, gambar, serta grafis. Website yang baik juga memungkinkan pengunjung mengaksesnya dengan menggunakan telephone genggam dengan mudah. Salah satu elemen website efektif yang tak kalah penting adalah konten yang bermanfaat untuk pelanggan. “Kita harus memposisikan diri kita sebagai pelanggan. Kita bantu mereka dengan konten kita. Misalnya jika kita menjual baju, maka kita bisa buat konten seperti tips tampil menarik di hari lebaran. Selain itu, untuk mengetahui konten yang bermafaat, kita bisa menggunkana Google Trends untuk mengetahui konten yang banyak dibutuhkan”, pungkasnya. Hal penting lainnya dari konten adalah testimoni dari pelanggan. Selain itu, menampilkan foto atau gambar dalam konten juga tak kalah penting. (DD/ESP)