Berita Terbaru

, , ,

Kembangkan Potensi UMKM, Program Inkubator Bisnis UKM Naik Kelas Tahap 2 Digelar

Program UMKM Naik Kelas ini merupakan salah satu langkah nyata untuk meningkatkan kualitas koperasi dan UMKM di Yogyakarta. Program ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop) Daerah Istimewa Yogyakarta…
, , ,

Melalui PINOTI, POPTIKJI Perkuat Pondasi Industri Kecil dan Menengah (IKM)

  Program Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (PINOTI) kembali diadakan pada Senin-Rabu (13-16/5) di Hilton Garden Inn Bali. Program yang diselenggarakan oleh  Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan…
, , ,

Tumbuhkan Inovasi: Kemenkop UKM Gelar FGD untuk Dorong Pengembangan Usaha Kecil Menengah

  Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kemenkop UKM mengadakan Forum Group Discussion pada Sabtu (27/4). FGD ini dihelat di Hotel Harper Malioboro, Jl. P. Mangkubumi, Yogyakarta yang diikuti oleh peserta dari berbagai stakeholder…

Semua Berita

Pelatihan UMKM: Tips E-Commerce dan Reseller

Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY) yang diselenggarakan dalam bentuk pelatihan dengan tema “Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas”. Hari ketiga pada Kamis (10/6), materi kedua membahas mengenai perkuat dan perluas jaringan pemasaran dengan e-commerce dan reseller yang akan disampaikan oleh Imam Syafi’i di ruang satu dan Denta Aditya di ruang dua. Pemateri mengenalkan e-commerce kepada peserta UMKM. Marketplace, yaitu mall elektronik atau pasar elektronik yang didalamnya banyak penjual. Sedangkan, website adalah toko dari bisnis kita sendiri. Kenapa perlu menggunakan e-commerce? Jangkauan lebih luas dan efisien Variasi metode pembayaran dan pengiriman Ekonomis dan fleksibel Keamanan transaksi Dibantu oleh sistem SEO Tips memilih e-commerce sesuai bisnis juga dikemukakan oleh pemateri. Pertama, pelajari karakteristik produk usaha dan segmentasi konsumen. Kedua, pilih marketplace yang banyak dikunjungi oleh calon konsumen. Selanjutnya, memberikan fitur kemudahan untuk berinteraksi dengan konsumen. Kemudian, variasi fitur pengiriman kurir. Sebelum memulai bisnis di e-commerce, pemateri menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut adalah menyediakan harga kompetitif, menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, serta menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. Kita juga dapat menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon. Lalu kita juga bisa memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian dan menyediakan ruang untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain. Bisa juga dengan mempermudah kegiatan jual-beli, misalnya menyediakan pembayaran melalui Go-Pay, Shopee Pay, OVO, dan sebagainya. Tips dan trik bergabung di marketplace Lakukan riset pasar, pada saat riset pasar posisikan sebagai konsumen awam yang belum kenal produk kita Memberikan nama produk berdasarkan keyword Mengemas ulang produk kita sesuai kebutuhan konsumen yang ada di marketplace Foto yang menarik Deskripsi yang jelas dan lengkap Lengkapi dengan video atau link Invest your device Kemudian, pemateri juga membahas tentang reseller. Reseller adalah menjual kembali sebuah barang dari supplier dengan komisi yang telah ditentukan sendiri atau ditetapkan oleh supplier. Reseller juga memiliki sistem yang umum di dunianya. Sistem tersebut adalah beli putus, di mana reseller bebas menentukan harga jual. Sistemnya juga menentukan kesepakatan harga barang, namun tidak melebihi harga owner. Margin keuntungan yang pada umumnya dipakai oleh para penjual retail pada kisaran 20% hingga 30% dari harga beli bahkan ada juga yang lebih dari 50%. Sistem reseller ini juga memiliki keuntungan untuk bisnis kita. Sistem ini dapat meningkatkan penjualan, menambah tenaga pemasaran, meminimalisir biaya operasional, iklan atau promosi gratis, membesarkan bisnis tanpa modal besar, hingga dapat menekan biaya operasional. Catatan untuk membangun reseller Buat pendaftaran yang mudah dan murah Pertimbangkan kemampuan dan konsistensi memproduksi barang Siapkan produk sampel Buat alur pemesanan, pengiriman, dan pengembalian barang Berikan edukasi berkala pada reseller dan permudah reseller mendapat berbagai informasi Bisa membuat kompetisi reseller untuk pacu penjualan Perhatikan track record, hati-hati terhadap “komplain”

Pelatihan UMKM: Google My Business

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY) sudah memasuki hari ketiga pada Kamis (10/6). Pelatihan ini bertema “Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas”. Materi pertama membahas mengenai Google My Business yang akan disampaikan oleh Fuad Fauzi di ruang satu dan Herlin Dwi Yudiandari di ruang dua. Pemateri akan menjelaskan bagaimana calon pelanggan dapat menemukan bisnis kita dengan mudah, bagaimana cara membuat bisnismu mudah ditemukan di Google Search dan Google Maps, dan bagaimana cara mengoptimalkan aplikasi Google Bisnisku untuk pengembangan usaha. Hal ini merupakan materi yang sangat bermanfaat untuk para UMKM, karena dengan adanya materi tersebut para pemilik UMKM dapat belajar langsung untuk membuat usahanya muncul dalam Google Maps dan muncul pada iklan di Google. Cara ditemukan pelanggan dengan mudah Perilaku pembeli zaman sekarang itu adalah dengan menemukan bisnis kita yang di google search, kemudian adanya kalimat persuasif membuat pembeli mengunjungi website kita, selanjutnya dengan website yang ramah pengguna maka akan dimudahkan dalam proses pembeliannya. Alasan menggunakan Google My Business Alasan menggunakan Google Bisnisku juga disampaikan oleh pemateri. Google My Business membuat bisnis kita lebih menonjol dan mudah ditemukan oleh pelanggan. Kita dapat langsung berhubungan dengan pelanggan melalui Google Bisnisku. Melalui ini juga kita bisa mendapatkan pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama. Fitur Google Bisnisku Profil bisnis Profil bisnis ini adalah informasi yang akan muncul di halaman hasil pencarian. Fitur ini terdiri atas informasi, seperti nama dan foro profil, ulasan, layanan, alamat, waktu operasional, hingga kontak atau informasi website. Postingan Postingan membantu kita mempublikasikan acara, promosi produk langsung ke penelusuran google dan maps secara gratis. Fitur ini juga dapat menampilkan teks, foto, atau video yang sesuai kepada pelanggan. Foto Fitur foto berguna untuk menampilkan foto-foto yang berhubungan dengan bisnis kita, seperti foto interior, exterior, produk, makanan dan minuman, tim, logo, cover dan lainnya.  Foto sangat penting karena bisa membuat tampilan lebih menarik, memberikan contoh kepada calon pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka. Situs Setiap pemilik bisnis mendapatkan situs gratis. Layanan pada fitur ini adalah alamat situs yang dapat diakses dari semua gadget dan situs sudah layak untuk diiklankan. Update otomatis yang bisa dibuat bahkan diedit kapan saja dan dimana saja melalui smartphone. Ulasan pelanggan Berikan respon kepada pelanggan untuk membangun loyalitas. Balas ulasan dengan sudut pandang, solusi terhadap masalah, jawaban atas pertanyaan, atau bahkan hanya ucapan terima kasih. Pemberitahuan Fitur notifikasi, yaitu fitur yang akan memberitahu jika ada aktivitas dari pengguna yang berhubungan dengan akun bisnis kita. Ikuti Google Bisnisku menyediakan fitur ikuti yang dapat digunakan pelanggan untuk mengikuti informasi mengenai promosi dan kegiatan apa saja yang sedang berjalan atau akan ada di bisnis kita. Laporan Google My Business menyediakan fitur laporan yang dapat membantu memahami pelanggan. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kualitas pelayanan atau situs agar bisnis terus berkembang. Nama pendek Kita dapat membuat nama pendek atau nama khusus untuk Google My Business. Hal ini berguna untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnis kita. Pertanyaan dan jawaban Fitur ini memperbolehkan siapapun dapat memberikan dan menjawab pertanyaan yang ada mengenai bisnis kita. Soroti pertanyaan umum dan populer beserta jawabannya langsung di halaman profil juga dapat dilakukan dengan fitur ini. Tips Google My Business Pemateri mengemukan beberapa hal yang harus diperhatikan dan dianjurkan untuk tidak dilakukan ketika membuat konten. Hal tersebut adalah konten yang memuat informasi yang tidak akurat atau salah tentang produk layanan yang ditawarkan. Kemudian, konten berkualitas rendah, tidak relevan, atau mengganggu. Selanjutnya, konten yang menyinggung, tidak pantas/sesuai dengan penjualan produk atau layanan. Pada pelatihan ini peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari cara mendaftarkan bisnisnya pada Google My Business. Hal tersebut langsung diarahkan oleh pemateri pada sesi ini. Cara membuat perubahan pada profil bisnis Buka aplikasi Google My Business Pilih Profil Selanjutnya, pilih gambar pensil untuk memperbarui profil bisnis Kemudian, pilih gambar pensil disetiap informasi yang ingin diperbarui Lalu, pilih terapkan jika sudah berhasil memperbarui informasi pada profil bisnis Cara membuat postingan di Google My Business Buka aplikasi Google My Business Pilih menu Buat Postingan Jika Anda ingin memposting hal baru tentang bisnis, bisa memilih Yang Baru, misalkan setiap pesanan yang dikirimkan sudah melalui proses sterilisasi dan petugas yang menyiapkan sudah melakukan cek temperatur tubuh. Dapat memilih Penawaran jika ingin membuat postingan terkait promo ataupun penawaran khusus Dapat juga memilih Produk jika ingin membuat postingan terkait produk Tingkatkan trafik kunjungan dengan Google My Business Pemateri juga menyampaikan bagaimana cara meningkatkan trafik kunjungan dengan Google My Business. Fitur-fitur Google Bisnisku harus benar-benar dioptimalkan oleh pengguna, seperti melengkapi informasi bisnis, unggah foto, respon ulasan, dan lainnya.

Pelatihan UMKM: Kekayaan Intelektual dan Co-Branding Jogja Mark

Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY) menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas”. Hari kedua pada Rabu (9/6), ditutup dengan materi mengenai kekayaan intelektual dan co-branding Jogja Mark. Materi tersebut akan disampaikan oleh Rosalia Kurnia dan Wahyu Tri Atmojo di masing-masing ruangan yang berbeda. Kekayaan Intelektual Pemateri menyampaikan makna kekayaan intelektual secara sederhana. Kekayaan intelektual merupakan kekayaan yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia. Karya-karya yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia dapat berupa karya-karya di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra termasuk dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Kekayaan intelektual juga sangat penting dalam perkara merk. Merk adalah suatu tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Hal tersebut juga terbagi beberapa jenis, yaitu merk jasa, merk dagang, dan merk kolektif. Merk jasa adalah merk yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya. Sementara itu, merk dagang hampir sama dengan merk jasa, hanya saja merk dagang digunakan pada barang bukan pada jasa. Sedangkan, merk kolektif merupakan gabungan antara merk barang dan atau jasa. Proses penelusuran kekayaan intelektual ada pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM RI. Beberapa kekayaan intelektual yang terdaftar di web tersebut adalah merk, paten, desain industri, hak cipta, indikasi geografis, DTLST, rahasia dagang, dan kekayaan intelektual komunikasi. Pemateri menyampaikan bahwa kita harus memastikan merk yang dimiliki terdaftar dan terlindungi di web tersebut. Pemohon dari kekayaan intelektual biasanya dari orang atau perorangan, perkumpulan, juga badan hukum seperti CV, firma, serta perseroan. Merk berfungsi sebagai tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya. Merk juga berfungsi sebagai alat promosi dengan cukup menyebutkan merknya dan jaminan atas mutu barangnya serta sebagai penunjuk asal barang atau jasa tersebut dihasilkan. Pentingnya pendaftaran merk Pentingnya pendaftaran merk juga disampaikan oleh pemateri karena memiliki beberapa fungsi. Pendaftaran merk berfungsi sebagai alat bukti kepemilikan hak atas merk yang didaftarkan juga dasar penolakan atau mencegah orang lain memakai merk yang sama. Selain itu, merk juga memiliki indikator yang tidak dapat didaftarkan. Merk yang tidak bisa didaftarkan jika bertentantangan dengan ideologi negara, peraturan perundang-undangan, moralitas, agama, kesusilaan, atau ketertiban umum. Tidak hanya itu, merk yang memuat unsur menyesatkan atau memuat keterangan yang tidak sesuai dengan produk dan tidak memiliki nilai pembeda juga tidak dapat didaftarkan. Perlindungan ini juga memiliki jangka waktu. Merk yang terdaftar mendapatkan perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun. Hal tersebut terhitung sejak tanggal penerimaan pendaftaran merk yang bersangkutan dan dapat diperpanjang. Pendaftaran dan perpanjangan ini juga tidak gratis melainkan memiliki biaya pendaftaran. Biaya tersebut juga berbeda-beda dan dapat di cek pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM RI. Co-Branding Jogja Mark Selanjutnya, pemateri menyampaikan mengenai Co-branding Pemda DIY. Hal ekslusif co-branding yang dimiliki oleh Pemda DIY, yaitu Jogja Mark, 100% Jogja dan Jogja Tradition. Jogja Mark adalah tanda yang menunjukan identitas dan ciri produk yang proses produksinya di daerah. Sedangkan, 100% Jogja merupakan tanda yang menunjukan identitas dan ciri produk yang bahan baku dan proses produksinya di daerah, contohnya batik. Kemudian, Jogja Tradition adalah tanda yang menunjukkan identitas dan ciri pengetahuan tradisional atau ekspresi budaya tradisional maupun produk khas daerah, seperti tarian, keris, blankon, dan sebagainya. Lebih lanjut lagi pemateri mengarahkan syarat dan ketentuan untuk melakukan pendaftaran co-branding yang dapat dilakukan secara online melalui website Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY.

Pelatihan UMKM: Optimalisasi Konten Media Sosial

Pelatihan dengan tema “Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas” yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY) sudah memasuki hari kedua pada Rabu (9/6). Pemateri membahas mengenai optimalisasi konten media sosial untuk branding dan penjualan. Materi tersebut disampaikan oleh Rininta Hanum, Alya Mirza, Okza Achmad Styawan, dan Ahmad Syihabuddin pada ruangan yang berbeda. Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Manfaat media sosial untuk bisnis juga dijelaskan oleh pemateri. Pertama, media sosial untuk memperoleh data penting pelanggan. Kedua, meningkatkan loyalitas dan brand awareness. Kemudian, dapat menjalankan iklan dengan hasil real time dan menciptakan pengalaman pelanggan yang kaya. Selanjutnya, media sosial juga dapat meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian. Lalu, dengan media sosial kita dapat mengetahui apa yang kompetitor lakukan. Media sosial juga dapat digunakan untuk berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah serta digunakan untuk membina relasi. Berapa jumlah dan karakteristik pengguna sosial media? Beragam media sosial yang ada di Indonesia memiliki jumlah pengguna  dan karakteristik yang beragam pula. Twitter memiliki 14 juta jumlah pengguna dengan fokus konten narasi opini. Karakteristik penggunanya adalah masyarakat komunitas tertentu yang suka beropini atas isu-isu tertentu. Disusul oleh LinkedIn dengan 17 juta jumlah pengguna yang berfokus pada narasi fakta atau ulasan. Penggunanya memiliki karakteristik dari masyarakat kalangan profesional yang ingin menemukan dan ditemukan oleh jejaring seprofesi atau korporasi tertentu. Diatas itu ada Instagram yang berfokus pada foto dan video pendek dengan jumlah pengguna sebanyak 85 juta. Karakteristik pengguna Instagram biasanya adalah orang-orang yang suka pamer dan melihat foto-foto bagus. Kemudian, Youtube memiliki 107 juta jumlah pengguna dan merupakan yang terbanyak kedua dengan fokus konten adalah video. Urutan teratas dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Facebook sebanyak 140 juta. Facebook berfokus dengan konten foto dan narasi yang memiliki karakteristik pengguna dari masyarakat umum berbagai kalangan serta anggota komunitas yang tergabung ke grup tertentu yang ada di Facebook. Alasan orang menggunakan sosial media dan mengikuti merk dagang Pemateri juga memaparkan data dari beberapa sumber terkait alasan orang menggunakan sosial media. Di mana 36,5 persen orang menggunakan sosial media untuk update berita terkini dan 35 persen orang beralasan untuk mencari konten hiburan. Konsumen juga memiliki alasan untuk mengikuti sosial media merk dagang. Salah satunya adalah 57 persen konsumen mengikuti sosial media merk dagang karena memang memahami produk atau layanan barunya dan 47 persen orang beralasan untuk mendapatkan info terbaru dari perusahaan. Bagaimana cara membuat info profil usaha? Kemudian, pemateri menyampaikan mengenai cara membuat info profil usaha. Ada empat cara, yaitu foto profil yang bagus dan indah, memuat nama lengkap usaha, deskripsi singkat usaha, dan info lengkap usaha. Beberapa tips yang juga disampaikan oleh pemateri, yaitu tips membuat profil instagram, mengoptimalkan linktree, membuat profil halaman facebook, serta koneksikan antara instagram dan facebook untuk menjadi akun bisnis. Profil instagram sebaiknya dibuat semenarik dan selengkap mungkin. Misalnya dengan memberikan nama akun instagram yang jelas, memberi foto profil atau logo usaha, menambahkan kategori usaha, dan menjelaskan deskripsi usaha. Bisa juga menambahkan tautan untuk menuju WhatsApp, marketplace, dan semacamnya, serta menambahkan alamat usaha yang bisa diakses oleh Google Maps. Tautan juga bisa mengarah ke linktree yang mencakup kontak usaha, website, marketplace, atau rekomendasi lainnya. Selain itu, facebook memiliki kelebihan, yaitu dapat menjangkau target pasar lokal di kota bahkan kecamatan, dapat menawarkan ke grup-grup jual beli yang diikuti, dan facebook memiliki respon yang cepat kepada calon pembeli melalui inbox. Pemateri menyarankan untuk melengkapi seluruh informasi usaha pada facebook page dengan memberikan profil, kategori usaha, alamat, website, kontak, hingga jam operasional. Kedua sosial media ini dapat dihubungkan untuk menjadikannya akun bisnis. Apa tujuan dari konten? Tujuan dari konten juga dijelaskan oleh pemateri. Terdapat tiga tujuan, yaitu untuk membangun brand awareness, membangun brand image, dan meningkatkan penjualan. Membangun brand awareness dilakukan unttuk mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen, contohnya memberi tahu proses produksi atau cara penggunaan produk. Selanjutnya, membangun brand image dilakukan untuk membangun persepsi tentang citra produk atau usaha di benak konsumen, contohnya produk yang ramah lingkungan atau produk yang punya kepedulian sosial. Meningkatkan penjualan dengan memberikan informasi tentang karakteristik produk atau jasa dan harganya, contohnya foto produk dengan harga atau memberitahu nilai keunggulan produk. Apa itu prinsip AIDA? Prinsip AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action) juga dikenalkan oleh pemateri dalam pembuatan konten. Prinsip ini dapat menarik perhatian orang untuk melihat konten dan membuat orang tertarik untuk membaca konten atau mengetahui lebih jauh. Hal tersebut dilakukan dengan dukungan elemen gambar, warna, tipografi, serta copywriting. Adanya konten dapat mengajak orang yang awalnya hanya tertarik menjadi ingin mencoba dengan dorongan copywriting. Konten juga dapat memberikan informasi terkait apa yang harus dilakukan bila sudah memutuskan suatu tindakan dengan adanya elemen tautan pesan, kontak, atau info lainnya yang dibutuhkan. Tips penyusunan konten Selain tips diatas, pemateri juga memberikan tips dalam penyusunan konten. Tipsnya adalah memposting dengan rutin, memberikan giveaway, berkolaborasi dengan influencer, serta membuat iklan. Posting rutin dapat terlaksana dengan menyusun perencanaan jadwal posting dan membuat beragam konten berdasarkan tujuan. Giveaway dilakukan dengan menentukan tujuan, menyiapkan hadiah menarik, memberi persyaratan, serta menyeleksi dan mengumumkan pemenang. Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk pemberian diskon dengan syarat ketentuan yang sudah ditentukan sesuai tujuan. Influencer juga dapat membantu meningkatkan penjualan dengan memilih influencer yang persona dan biayanya sesuai dengan kemampuan serta dapat membuat konten yang menarik dan unik. Berlangganan instagram ads, google ads, atau facebook ads untuk mengiklankan produk atau layanan. Untuk memaksimalkan konten yang sudah direncanakan dapat memanfaatkan fitur insight pada instagram, mengoptimalisasikan tagar, menggunakan aplikasi editing yang memadai, serta pentingnya waspada terhadap hoax. Pada akhir sesi, pemateri memberikan latihan digital marketing dan konten digital kepada peserta pelatihan.

Pelatihan UMKM: Pembuatan Profil Usaha

Pelatihan hari pertama, masih di hari Selasa (8/6) yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY). Pelatihan yang bertema “Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas” ini ditutup dengan penyampaian materi pembuatan profil usaha. Materi tersebut disampaikan oleh Mochammad Sugarindra di ruang satu dan Dhany Nugrahani Syarifah di ruang dua. Materi ini dibuka dengan penjelasan mengenai profil perusahaan. Profil perusahaan adalah deskripsi perusahaan secara ringkas, yang dapat menggambarkan kualitas dan fokus kerja sebuah perusahaan. Profil perusahaan juga biasanya dibuat untuk customer, seperti mengajukan penawaran, baik kepada calon konsumen, mitra bisnis, atau calon investor. Selain demi image perusahaan, sebuah profil perusahaan yang terlihat profesional dapat membantu kelancaran bisnis. Pemateri menyampaikan manfaat dan tujuan utama dari pembuatan profil usaha. Manfaatnya adalah menciptakan hubungan dengan pelanggan, upaya memperkuat branding, promosi, sebagai alat pemasaran, dan sebagai senjata ampuh memenangkan proyek besar. Kemudian, tujuan utamanya, yaitu untuk mendekati lingkup segmen pasar baru yang penting untuk pertumbuhan bisnis. Profil perusahaan juga memiliki elemen penting. Hal tersebut adalah desain yang menarik, layout pemilihan warna yang menarik, poin penting, material berkualitas, dan memberikan gambar/foto/infografis. Apa saja yang dimuat dalam pembuatan profil usaha? Hal yang harus dimuat di dalam profil perusahaan adalah cover depan, riwayat perusahaan, struktur organisasi, produk/jasa, keunggulan perusahaan, daftar klien, galeri foto, testimoni, dan cover belakang. Kemudian, pemateri menjabarkan mengenai hal-hal tersebut. Cover depan berisi nama dan logo perusahaan. Ini harus dibuat dengan desain yang benar-benar menarik untuk pembaca. Riwayat perusahaan dapat berisi tentang latar belakang berdirinya perusahaan. Struktur organisasi berisi informasi tentang orang-orang yang berperan penting pada perusahaan. Hal ini juga mencakup nama, kedudukan, kualifikasi, dan tanggung jawab. Produk atau jasa adalah bagian penting dari profil perusahaan. Pada bagian ini dapat berisi uraian produk atau jasa yang ditawarkan selengkap-lengkapnya. Dapat berupa deskripsi singkat dan jelas serta diberi gambar. Keunggulan perusahaan adalah informasi yang berisi tentang keunggulan produk atau jasa, perbedaannya dengan yang lainnya, dan dapat juga diberi kata-kata provokatif. Selanjutnya daftar klien berguna untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan. Semakin banyak dan bonafit klien yang pernah atau sedang bermitra dengan perusahaan, tentu akan semakin memperkuat kredibilitasnya. Galeri foto sebagai informasi tambahan yang bersifat opsional untuk menambah referensi atau bukti dan memvisualisasikan aktivitas perusahaan. Selain daftar klien, profil prusahaan dapat ditambah dengan testimoni dari para klien perusahaan. Tujuannya untuk semakin membuat perusahaan terlihat menarik di mata para klien. Cover belakang juga dapat diisi dengan kontak perusahaan, seperti contact person, nomor telepon, alamat email, dan akun media sosial perusahaan. Menurut pemateri omset juga bisa dimasukkan jika profil perusahaan tersebut ditujukan kepada calon investor. Sebaiknya juga disimpan dalam bentuk cetak maupun PDF digital.